About Me

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Sabtu, November 10, 2012

Integrasi Kurikulum: Model Fragmented

MODEL SELULER - FRAGMENTED


APAKAH MODEL SELULAR ITU?
Pengaturan kurikulum tradisional menentukan disiplin ilmu secara terpisah dan berbeda. Biasanya, penentu kebijakan akademisi membagi bidang kajian dalam empat bidang dan diberi label matematika, ilmu pengetahuan, seni bahasa, dan ilmu sosial. Seni rupa  dan seni praktis dimasukkan dalam mata pelajaran lainnya, termasuk seni, musik, dan pendidikan jasmani, sementara itu teknologi, melukis, seni grafis, bisnis, dan akuntansi dapat ditempatkan dalam seni teknis. Pengelompokan lain dalam disiplin ilmu adalah menggunakan kategori humaniora, sains, seni praktis, dan seni rupa. Dalam standar kurikulum, wilayah-wilayah subjek (bidang kajian) ini diajarkan secara terpisah, dengan tidak ada upaya untuk menghubungkan atau mengintegrasikan mereka. Masing-masing dipandang sebagai entitas murni dan berdiri sendiri. Masing-masing memiliki standar konten terpisah dan berbeda. Meskipun mungkin ada tumpang tindih antara fisika dan kimia, hubungan antara keduanya secara implisit, tidak eksplisit dan hubungan mereka tidak  didekati melalui kurikulum.

TERLIHAT SEPERTI APAKAH MODEL SELULER ITU?
Di sekolah menengah dan tinggi, disiplin ilmu masing-masing diajarkan oleh guru yang berbeda, di lokasi yang berbeda di seluruh gedung, dengan siswa pindah ke ruang yang berbeda. Setiap pertemuan terpisah dengan pengorganisasian yang terpisah dan berbeda, meninggalkan siswa dengan pandangan yang terkotak dari kurikulum. Sebuah model selular yang memprihatinkan, dengan mata pelajaran masih diajarkan secara terpisah dan terpisah dari satu sama lain, adalah yang diterapkan di ruang kelas SD. Dalam situasi ini guru berkata, "Sekarang, waktunya menyingkirkan buku matematika Anda, dan mengambil paket ilmu Anda. Sudah waktunya untuk bekerja pada unit ilmu kita”. Jadwal harian menunjukkan alokasi waktu yang berbeda untuk matematika, ilmu pengetahuan, dan ilmu sosial. Seringkali topik dari dua wilayah bidang kajian tidak sengaja berkorelasi. Isolasi subjek ini dapat menjadi norma, bahkan di kelas mandiri, sebagai konsekuensi bahwa standar konten adalah yang diutamakan.

TERDENGAR SEPERTI APAKAH MODEL SELULER ITU?
Seorang siswa sekolah menengah pertama menjelaskan kurikulum tradisional seperti vaksinasi: "matematika bukan sain, sain bukan bahasa Inggris, bahasa Inggris bukan sejarah. Subjek adalah sesuatu yang Anda ambil sekali dan tak perlu mengambilnya lagi. Ini seperti mendapatkan liburan, saya sudah menembak aljabar saya. Aku sudah selesai dengan itu. "
Dalam satu hari, siswa sekolah SMP mungkin diminta untuk tampil di tujuh atau delapan mata pelajaran yang sangat berbeda, dari matematika ke pendidikan fisika. Mereka akan melakukan hal ini setiap hari selain pekerjaan rumah dari setiap mata pelajaran yang diberikan. Untuk mengatasi beban kerja seperti ini, mahasiswa mungkin harus memilih fokus pada satu atau dua mata pelajaran yang mereka nikmati, mereka lakukan, dan mereka unggulkan. Mereka melakukan seminimum mungkin dalam mata pelajaran lain. Pembaca mungkin bertanya-tanya, "Apa yang siswa pelajari dalam situasi seperti ini? Apakah kebutuhan sistem lebih diutamakan daripada kebutuhan siswa? "

APA KEUNTUNGAN MODEL SELULER INI?
Salah satu keuntungan dari model selular, tentu saja, adalah bahwa kemurnian disiplin ilmu masing-masing tidak dibiarkan ternoda. Selain itu, guru/instruktur dapat  mempersiapkan diri sebagai ahli di bidang tertentu dan memiliki kebebasan  menggali ke dalam mata pelajaran mereka dengan baik luas dan mendalam. Model tradisional juga menyediakan zona kenyamanan bagi hubungan antar bidang kajian. Guru tidak perlu bersusah payah mengkoneksikan antar disiplin ilmu. Secara normative mereka menganggap bahwa bidangkajian-bidang kajian itu memang terpisah. Mereka menganggap ada system nilai tertentu yang melekat pada setiap bidang kajian dan itu berbeda dengan bidang kajian lainnya. Bahkan, disiplin ilmu yang berbeda melairkan cara berfikir yang berbeda. Cara berfikir itu khas untuk tiap-tiap bidang kajian. Misalnya, matematikawan dan sastrawan memiliki cara yang berbeda dalam mengkategorikan suatu masalah. Merka menggunakan cara berfikir menurut genre mereka. Tiap-tiap disiplin ilmu menawarkan kekhasan jalan berpikir tentang dunia. Melatihkan pelajar dalam berbagai disiplin ilmu berarti melatihkan banyak cara berfikir. Hal ini akan membentuk dan memperluas spektrum berfikir siswa kelak di kemudian hari.
Model ini, meskipun pada awalnya muncul agak terfragmentasi, tetapi memberikan pandangan yang jelas dan diskrit pada masing-masing disiplin ilmu. Pada gilirannya, model ini menghasilkan  cara berpikir tertentu, melalui kualitas disiplin ilmu yang ditunjuk, yang meningkatkan perspektif pembelajaran. Selain itu, para ahli dengan mudah dapat menyaring keluar prioritas wilayah subjek mereka sendiri karena mereka hidup dan bernapas dengan semangat untuk materi pelajaran mereka. Dalam analisis akhir, siswa akan mampu mewujudkan manfaat nyata dari model selular ini ketika bekerja dengan mentor.

APA KERUGIAN MODEL SELULER INI?
Kerugiannya adalah tiga kali lipat. Pertama, menyisakan beban kepada peserta didik untuk mengerahkan sumber daya mereka sendiri dalam hal membuat koneksi dan mengintegrasikan konsep serupa. Kedua, adanya ketumpang-tindihan konsep, keterampilan, dan sikap, yang tidak jelas bagi pelajar, dengan demikian, transfer belajar dengan situasi baru kurang mungkin terjadi. Menurut penelitian, tidak bisa meninggalkan pelajar tanpa pengawasan dalam membuat koneksi di dalam dan lintas disiplin ilmu.  Hal itu sama dengan mengabaikan beberapa penelitian terbaru tentang transfer belajar, yang menyerukan untuk adanya fasilitasi eksplisit dalam proses pembelajaran melalui strategi tertentu. Ketiga, dalam model berbasis disiplin ilmu, siswa dapat dengan mudah terjebak dalam bencana kerja. Meskipun setiap guru memberikan jumlah yang wajar, efek kumulatif dapat menjadi luar biasa bagi siswa.

KAPAN  MODEL SELULER INI BERGUNA?
Model selular adalah konfigurasi kurikuler yang berguna dalam beberapa kasus. Ia bekerja untuk sekolah besar dengan populasi beragam karena sekolah dapat menawarkan berbagai program studi yang memberikan spektrum subjek untuk menargetkan kepentingan khusus. Hal ini juga berguna, tentu saja, di tingkat universitas, di mana siswa melakukan pengkajian  pada jalur studi khusus yang memerlukan pengetahuan ahli untuk mengajar, pendampingan, pelatihan, dan berkolaborasi. Model ini juga membantu dalam program pendidikan guru, sebagai persiapan bisa lebih terfokus. Dan itu adalah model yang baik untuk guru berlatih yang ingin duduk di luar prioritas kurikuler untuk mengelola kelimpahan standar isi saat mereka mempersiapkan model lintas-departemen untuk perencanaan interdisiplin ilmu.


Dari uraian ini, dapat dipahami bahwa Model Celuler atau Fragmented merupakan model pengintegrasian kurikulum dimana:
  1. Materi pembelajaran berdiri sendiri sebagai sebuah disiplin ilmu ;
  2. Materi pembelajaran diajarkan secara terpisah;
  3. Diajarkan oleh guru yang berbeda (guru bidang studi atau guru mata pelajaran);
  4. Pembelajaran dilakukan pada jam pelajaran dan kelas yang berbeda untuk disiplin ilmu yang berbeda;
  5. Pengorganisasian materi pembelajaran dilakukan sendiri-sendiri menurut bidang studi atau mata pelajaran.
Lantas, di mana letak keterpaduan atau integrasinya?
  1. Keterpaduan model ini harus tercapai ketika satu satuan waktu telah ditempuh, misalnya pada satu catur wulan / semester. 
  2. Keterpaduan pada model fragmented terjadi jika siswa telah menyelesaikan seluruh runtutan kajian atau materi pelajaran yang pada akhirnya seluruh satuan-satuan konsep itu mencapai keutuhan, baik konsep, pemahaman suatu kajian, keterampilan dan nilai.
  3. Pembelajaran terpadu melalui kurikulum terpadu fragmented terjadi jika seorang guru memiliki keinginan agar siswa setelah menempuh pembelajaran satu kurun waktu tertentu memiliki kemampuan atau kecakapan tertentu.

BAGAIMANA CARA MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM DENGAN MODEL SELULER
Penalaran penting:
"Saya memprioritaskan pemahaman fundamental atau dasar pertama, kemudian saya mencari topik, konsep, atau unit yang dapat diberi bobot yang berbeda"

Untuk bekerja dengan Model Selular, berpikir tentang unsur-unsur dari kurikulum. Pertama, pilih satu subjek (matematika, IPA, IPS) yang mengajar di tingkat SD atau satu kelas persiapan (aljabar, geometri, trigonometri) yang Anda miliki di tingkat sekolah menengah atau tinggi.
Setelah Anda memiliki fokus pada subjek atau persiapan, pikirkan tentang standar kurikulum yang ditujukan, dan daftar semua topik yang relevan dari studi untuk wilayah kajian itu.
Setelah Anda telah mendaftar topik penelitian, berpikir tentang mana yang paling penting dan yang paling sedikit penting. Kemudian memprioritaskan daftar dengan penomoran item, dengan 1 sebagai yang paling penting dan jumlah tertinggi sebagai kurang penting. Proses ini dikenal sebagai peringkat paksa, tapi akan sangat membantu untuk membedakan pentingnya setiap topik.
Setelah Anda telah membuat keputusan Anda, dialog dengan mitra di departemen yang sama atau tingkat kelas yang sama tentang prioritas kurikuler dalam disiplin ilmu itu. Diskusikan bagaimana Anda menetapkan prioritas dan apa pertimbangan Anda buat dalam memutuskan bagaimana bobot berbagai potongan dari kurikulum yang ditargetkan. Biarkan pasangan Anda mengomentari daftar Anda.
Penting untuk diingat bahwa, topik dan konten setiap disiplin ilmu yang direncanakan diisolasi dari disiplin ilmu lainnya. Misalnya, guru sains membuat  daftar topik secara khas  untuk satu semester.
Alokasi waktu dan urutannya ditentukan oleh masing-masing guru menggunakan kriteria individu, sambil memilah-milah prioritas kurikuler, dengan prinsip, "meninggalkan bahan secara selektif " atau "memasukkan bahan secara bijaksana dalam merancang kurikuler.
Berikut ini disajikan langkah-langkah mengimplementasikan model Seluler - Fragmented pada pembelajaran.
Think Back: Re-Design
Pilih salah satu disiplin ilmu  dan prioritaskan enam unit atau topik. Kemudian susun peringkatnya  sesuai dengan persyaratan kurikuler keseluruhan.
Misalnya untuk mata pelajaran IPA SMP Kelas VII Semester 1, dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) diketahui sejumlah topik pembelajaran sebagai berikut:

Topik
Urutan Topik
Pengukuran
1
Klasifikasi Zat
2
Wujud Zat dan Perubahannya
3
Perubahan Zat
4
Pengamatan Gejala Alam
5
Gerak
6

Urutan topik-topik tersebut kemudian diredesain sesuai dengan urutan SK dan KD sehingga menjadi:
Topik
Urutan Topik
Pengukuran
1
Pengamatan Gejala Alam
2
Wujud Zat dan Perubahannya
3
Klasifikasi Zat
4
Perubahan Zat
5
Gerak
6

Think Ahead: Design
Dibuat daftar konsep (daripada topik atau unit) untuk semester yang sama di tahun mendatang. Kemudian disusun peringkat konsep sesuai dengan persyaratan kurikuler.

Topik
Urutan Topik
Pengamatan Gejala Alam
1
Pengukuran
2
Wujud Zat dan Perubahannya
3
Klasifikasi Zat
4
Perubahan Zat
5
Gerak
6
Think Again: Refine
Pikirkan kembali dengan membuat daftar prioritas kurikuler dengan topik, kemudian dibuat peringkat berdasar konsep. Daftar disesuaikan dengan pembelajaran  yang  akan Anda lakukan.

Topik
Urutan Topik
Pengamatan Gejala Alam
1
Pengukuran, tanpa konsep Suhu
2
Wujud Zat dan Perubahannya, diawali dengan konsep Suhu
3
Klasifikasi Zat
4
Perubahan Zat
5
Gerak
6

 
Daftar Kepustakaan :

Depdiknas. Permendiknas Nomor 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fogarty, R. 1991. How To Integrate The Curricula. Illionis: IRI/Skylight Publishing Inc.
Fogarty, R. 2009. How To Integrate The Curricula 3rd Edition. California: Corwin A Sage Company

Sumber:

Suwar, Sringatun. 2012. Chapter Report: Model Fragmented. Tugas Perkuliahan PPs Unesa  Surabaya. Tidak Dipublikasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar