About Me

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Sabtu, Desember 31, 2011

Hidup Adalah Sebuah Pilihan

Alkisah, ada 2 buah bibit tanaman yang terhampar di sebuah ladang yang subur.
Bibit 1  : 
Aku ingin tumbuh besar, aku ingin menjejakkan akarku dalam-dalam di tanah ini, dan menjulangkan tunas-tunasku di atas kerasnya tanah ini. Aku ingin membentangkan semua tunasku, untuk menyampaikan salam musim semi. Aku ingin merasakan kehangatan matahari, dan kelembutan embun pagi di pucuk-pucuk daunku.  (Lalu , bibit itupun tumbuh makin menjulang).
Bibit 2  : 
Aku takut. Jika kutanamkan akarku ke dalam tanah ini, akau tak tahu apa yang akan kutemui  di bawah sana. Bukankah di sana sangat gelap ? Jika kuteroboskan tunasku ke atas, bukankah nanti keindahan tunas-tunasku akan hilang tersengat panasnya sinar matahari ? Tunasku ini pasti akan terkoyak , habis dimangsa oleh burung-burung yang hinggap.  Apa yang akan terjadi jika tunas-tunasku terbuka dan siput-siput coba memakannya ? Dan pasti, jika aku tumbuh dan merekah, semua anak kecil akan berusaha untuk memetik atau mencabutku dari tanah. Tidak …. Akan lebih baik jika aku menunggu sampai semuanya aman.
(Dan bibit itupun menunggu, dalam kesendirian. Hingga beberapa pekan kemudian, datang seekor ayam mengais tanah dimana bibit itu berada. Ia menemukan bibit itu dan …… mencaploknya segera !!!!)
Apa hikmah yang kita peroleh dari kisah ini ?
Dalam kehidupan yang kita jalani, selalu saja akan ada pilihan. Selalu saja ada lakon-lakon yang harus kita jalani. Namun, seringkali kita berada dalam pesimisme, kengerian, keragu-raguan, dan kebimbangan-kebimbangan yang kita ciptakan sendiri. Kita kerap terbuai dengan alasan-alasan yang membuat kita tak mau melangkah, tak mau menatap hidup , tak berani mengambil keputusan atas pilihan-pilihan yang ada.
Karena hidup ini adalah pilihan, pilihlah dengan bijak, hadapilah dengan gagah.

1 komentar: