About Me

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

Selasa, Mei 08, 2012

Spesies Eksotik





Pengertian Eksotik
Spesies yang diintroduksi dari habitat aslinya ke habitat yang baru di tempat lain sebagai tindakan manusia dinamakan spesies eksotik, spesies asing, atau spesies tidak asli. Kontributor utama terhadap pengurangan dan kepunahan (selain karena hilangnya habitat), adalah introduksi spesies bukan alami pada lingkungan baru. Spesies kadang-kadang menginvasi habitat baru secara alami, tetapi eksplorasi dan kolonisasi manusia secara dramatik meningkatkan penyebaran spesies.  Bilamana manusia bermukim jauh dari tempat tinggalnya, mereka secara sengaja mengintroduksi tanaman dan hewan yang telah dibudidayakannya. Banyak spesies lain secara tidak sengaja terangkut ke seluruh dunia.. 
Banyak tanaman dan binatang, misalnya di Indonesia, merupakan eksotik. Demikian juga hama dan penyakit tanaman banyak yang eksotik.
Eksotime mungkin  merugikan pada flora dan fauna asli. Mereka sering meninggalkan faktor-faktor yang berkembang bersamanya yang mengendalikan populasi dan penyebarannya. Dalam habitat barunya mungkin hanya ada sedikit predator atau penyakit, sehingga populasinya tumbuh tak terkendali. Mereka sering kali dinamakan eksotik invasif. Organisme yang dimangsa mungkin belum mengembangkan mekanisme pertahanan dan spesies asli mungkin tak dapat berkompetisi dengan baik terhadap ruang dan makanan, sehingga terdesak ke kepunahan.

Tanaman Eksotik
Kebanyakan tanaman eksotik yang menimbulkan problem lingkungan sekarang ini adalah diintroduksi secara tidak sengaja, misalnya mendompleng melalui benih tanaman lain yang didatangkan.  Tanaman eksotik yang tidak dikehendaki di bidang pertanian dan kehutanan dinamakan gulma.
Mikania micrantha diintroduksi ke Indonesia sebagai tanaman penutup tanah (cover crop) di perkebunan. Dewasa ini spesies ini telah menjadi gulma yang penting.
Acacia nilotica menjadi tanaman yang sangat agresif perkembangannya di Taman Nasional Baluran sehingga mendesak ruang tumbuh bagi spesies lain; spesies ini diintroduksi pertama kali dari Afrika sebagai tanaman pagar.
Eceng gondok (Eichhornia crassipes) tumbuh sangat cepat di sungai-sungai dan danau. Spesies ini awalnya diintroduksi sebagai tanaman ornamental.

Hewan Eksotik
Transfer binatang yang paling destruktif dan mahal dari satu negara ke negara lain adalah kelinci ke Australia. Pertama kali diintroduksi oleh seorang tuan tanah kaya, Thomas Austin, yang kangen akan binatang-binatang dari tanah airnya, Inggris. Austin membawa beberapa dosin kelinci tahun 1859 dan melepaskannya di negara bagian Victoria. Kelinci ini beranak pinak, dan menjadi binatang buruan bagi Austin. Enam tahun kemudian ia menaksir telah membunuh 20.000 ekor dan masih ada 10.000 ekor lagi. Kelinci akhirnya menyebar ke seluruh kontinen Australia, perburuan kelinci menjadi populer, daging dan kulit kelinci menjadi komoditi ekspor bagi Australia. Populasi kelinci bertambah cepat karena tidak adanya predator (serigala) seperti di Eropa. Predator yang ada, dingo (sejenis anjing) telah dikendalikan populasinya oleh peternak biri-biri.
Dalam 50 tahun kelinci telah menyebar ke seluruh Australia kecuali di bagian utara yang beriklim tropis, dan populasinya demikian padat sehingga memakan setiap rumput yang ada dan mematikan semak dan pohon dengan memakan kulitnya.  Kelinci juga menginvasi ladang penggembalaan biri-biri menjadi lahan yang tak produktif, menurunkan produksi wol menjadi setengahnya. Akhirnya, kelinci dinyatakan sebagai musuh, yang diburu dan dibunuh. Pemerintah menyediakan hadiah bagi yang mengumpulkan ekor kelinci, dan jutaan ekor telah dikumpulkan.

Manfaat eksotik
Apa yang telah disampaikan di atas adalah beberapa contoh eksotik yang memberikan dampak negatif pada habitat yang baru, terutama bila populasinya tidak terkendali. Tetapi, spesies eksotik juga memberikan manfaat positif yang tidak kalah pentingnya bagi manusia.
Banyak tanaman yang dibudidayakan oleh manusia adalah eksotik.  Di Indonesia tanaman penghasil bahan makanan dan komoditas lainnya kebanyakan adalah eksotik, diantaranya seperti pada tabel sebagai berikut :




Spesies
Asal
Jagung
Meksiko
Ketela pohon
Amerika Tengah
Lombok
Amerika Tengah
Kacang tanah
Amerika Tengah
Kedelai
Mansuria
Karet
Amerika Tengah
Kentang
Amerika Selatan
Tomat
Amerika Selatan
Kakao
Afrika Barat
Kopi
Etiopia
Teh
India, China
Tembakau
Amerika Utara
Sawit
Afrika Barat
Mangga
India
Advokat
Amerika Tengah
Pepaya
Amerika Tengah
Cempedak
Asia Tenggara
Jati
India
Mahoni
Amerika Tengah
Lamtoro
Amerika Tengah
Sonokeling
India
Asam
India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar